Jaksa Tuntut Jerinx SID 3 Tahun Penjara

Jambiseru.com | Update Berita Jambi - Update Berita Jambi Terseru, Nasional, Lifestyle, Entertainment, Film, Musik

Jaksa Tuntut Jerinx SID 3 Tahun Penjara

Jambiseru.com – Sidang atas terdakwa I Gede Ari Astina atau Jerinx memasuki pembacaan tuntutan. Dalam siding yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (3/11/2020) Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa dengan hukuman 3 tahun penjara.

Baca Juga : Merangin Raih Penghargaan dari BKN

JPU menilai, Jerinx telah menyebarkan ujaran kebencian terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan kata-katanya.
Menurut Jaksa Otong Hendra Rahayu, perbuatan terdakwa melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 Jo Pasal ayat (1) KUHP.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina dengan pidana penjara selama 3 tahun penjara,” kata tim JPU yang dipimpin Otong Hendra Rahayu.

Jerinx juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan penjara. Ada dua unggahan Jerinx yang dinilai mencemarkan nama baik dan menyebarkan ujaran kebencian kepada IDI.

Pertama adalah unggahan “Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan RS seenaknya mewajibkan semua orang yang kan melahirkan dites CV19. Sudah banyak bukti jika hasil tes sering ngawur kenapa dipaksakan? Kalau hasil tesnya bikin stress dan menyebabkan kematian pada bayi/ibu, siapa tanggung jawab”.
Jerinx juga meminta IDI dibubarkan dan tidak akan berhenti menyerang mereka.

Baca Juga : Al Haris-Abdullah Sani Siapkan Rp 50 M untuk Petani Karet-Sawit di Jambi

Kedua adalah unggahan “Tahun 2018 ada 21 dokter Indonesia yang meninggal. Ini yang terpantau oleh media saja ya. Sayang, ada konspirasi busuk yang mendramatisir situasi ini seolah dokter meninggal hanya tahun ini agar masyarakat ketakutan berlebihan terhadap CV19. Saya tahu dari mana?silakan salin semua link yang ada di foto, post di FB/IG anda, lalu lihat apa yang terjadi masih bilang C19 bukan konspirasi? Wake the f*ck up Indonesia.”

Kedua unggahan ini membuat IDI merasa terhina dan dibenci oleh sebagian warga Indonesia. (tra)

Sumber : Siberindo.co

The post Jaksa Tuntut Jerinx SID 3 Tahun Penjara appeared first on Jambiseru.com | Update Berita Jambi.



source https://www.jambiseru.com/berita/2020/03/11/jaksa-tuntut-jerinx-sid-3-tahun-penjara