Mengenal Joe Biden Kandidat Presiden Amerika Serikat Terpilih

Jambiseru.com | Update Berita Jambi - Update Berita Jambi Terseru, Nasional, Lifestyle, Entertainment, Film, Musik

Mengenal Joe Biden Kandidat Presiden Amerika Serikat Terpilih

Jambiseru.com – Pemilihan presiden Amerika Serikat baru saja usai dilakukan. Joe Biden pun dalam penghitugan cepat dinyatakan sebagai pemenang, setelah mengalahkan lawannya Donald Trump.

Baca Juga : Demo di Jambi Berlanjut Hingga Malam Ini, Tembakan Petasan Terdengar

Untuk anda yang belum mengenal Joe Biden, berikut jambiseru.com merangkum profil singkatnya.

Joe Biden memiliki nama lengkap Joseph Robinette Biden Jr. Ia dilahirkan pada 20 November 1942. Ia dibesarkan oleh keluarga sederhana di Kota Sranton, Pennylvania. Ayahnya hanyalah seorang penjual mobil.

Malangnya, saat terjadi krisis pada tahun 1950an, Ayah Biden harus kehilangan pekerjaannya. Sang ayah kemudian membawa keluarganya pindah ke Delaware ketika Joe Biden berusia 10 tahun.

“Ayah saya selalu berkata: ‘Champ, ketika kamu dirobohkan, kamu bangkit kembali’,” kata Biden.

Sebagai seorang pemuda dari keluarga sederhana, Biden muda juga harus bekerja. Ia bertugas sebagai penjaga pantai di lingkungan mayoritas kulit hitam. Sebuah pengalaman yang katanya mempertajam kesadarannya tentang ketidaksetaraan sistemik dan memperkuat kepentingan politiknya.

Biden belajar di Universitas Delaware dan sekolah hukum Universitas Syracuse dan telah menyatakan kebanggaan, dia bukan produk dari Liga Ivy elit.

Tentang Keluarga
Pada 1972, Joe Biden menghadapi hal yang tidak terpikirkan. Sang istri Nellia dan putrinya yang berusia satu tahun, Naomi, tewas dalam kecelakaan mobil saat mereka sedang berbelanja Natal.

Dia ditinggalkan sendirian untuk membesarkan kedua anaknya yang masih kecil, keduanya terluka di kecelakaan.
Sang putra, Beau mengikuti jejak ayahnya ke dalam politik, menjadi jaksa agung Delaware. Namun bintang yang sedang naik daun dari Partai Demokrat itu meninggal karena kanker otak pada 2015 pada usia 46.

“Itu tidak pernah hilang,” kata Biden tentang rasa sakit yang ada dalam dirinya sejak kehilangan Beau.
Tragedi itu mencegahnya mencalonkan diri sebagai presiden pada 2016.

Biden bertemu istri keduanya, Jill Jacobs, pada 1975 dan mereka menikah dua tahun kemudian. Jill sedang dalam proses menceraikan suami pertamanya ketika dia bertemu Biden.

Pasangan itu menikah pada tahun 1977, dan dia menjadi ibu dari Hunter dan Beau. Jill dan Biden memiliki seorang putri, Ashley, yang lahir pada tahun 1981.

Saat membesarkan anak-anaknya, Jill Biden juga memperoleh dua gelar Master. Dia akhirnya akan mendapatkan gelar doktor di bidang pendidikan dan mengajar di Northern Virginia Community College.
Jill Biden juga mengambil peran sebagai wanita kedua pada 2009 ketika suaminya menjadi Barack Obama wakil presiden.

Dia berpartisipasi dalam acara penting bersama mantan Ibu Negara Michelle dan mengembangkan gaya berbicara di depan umum yang nyaman.

Putra Biden yang lain, Hunter, telah berjuang melawan kecanduan alkohol dan obat-obatan dan dikeluarkan dari Angkatan Laut AS pada 2014 setelah tes positif untuk kokain.

Dia adalah fokus serangan Presiden AS Donald Trump menjelang pemungutan suara 3 November.
Dari 2014 hingga 2019, ketika ayahnya menjabat sebagai wakil presiden, Hunter bertugas di Dewan Direksi Burisma, sebuah perusahaan gas Ukraina.

Jumlah Kekayaan
Biden disebut “Joe Kelas Menengah”, tetapi ia sebenarnya adalah seorang jutawan.

Sejak Biden meninggalkan kantor publik, pendapatannya melonjak berkat penawaran buku dan tur publisitas yang menguntungkan.

Menurut dokumen keuangan yang dirilis pada 2019, Biden dan istrinya, Jill, menerima lebih dari 15 juta dolar Amerika.

Pada tahun yang sama, Forbes melaporkan, kekayaan Bidens termasuk “dua rumah Delaware senilai 4 juta dolar Amerika, uang tunai dan investasi senilai 4 juta dolar Amerika atau lebih dan pensiun federal senilai lebih dari 1 juta dolar Amerika.

Buku pertama Biden, yang menceritakan kematian putranya Beau karena kanker, sempat menduduki puncak daftar buku terlaris pada 2017.

Dia dan istrinya juga mengerjakan dua proyek buku lainnya.

Biden memperoleh 540.000 dolar Amerika sebagai profesor di Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement Universitas Pennsylvania.

Jill Biden menghasilkan setidaknya 700.000 dolar Amerika dalam ceramahnya sendiri.

Per ceramah, Biden menerima 100.000 dolar Amerika, tetapi yang diungkapkan pada 2019 menunjukkan, beberapa penampilan Biden dihargai dengan kisaran 40.000 dolar Amerika.

Pengungkapan keuangan Biden sebelumnya, yang diajukan pada tahun 2016 selama tahun terakhirnya sebagai wakil presiden menunjukkan, bahkan setelah delapan tahun dengan gaji pemerintah sebesar 230.000 dolar Amerika per tahun, Biden memiliki hutang pribadi yang signifikan.

Karir Politik
Biden mencapai panggung nasional pada usia 29 tahun, dengan kemenangan mengejutkan Senat AS di Delaware pada tahun 1972.

Dia tercatat sebagai salah satu senator termuda dan menghabiskan lebih dari tiga dekade di majelis tinggi sebelum menjalani delapan tahun sebagai wakil Obama.

Keterampilan politik ritel Biden tidak ada bandingannya.

Dia dapat menunjukkan senyum jutaan wattnya pada mahasiswa, bersimpati dengan ahli mesin sabuk karat yang menganggur, atau memberikan teguran yang berapi-api kepada saingan.

Kecenderungan yang ramah dan suka berteman itu dibatasi oleh pandemi virus corona, yang membuat kampanye secara langsung terhenti pada bulan Maret dan mendorong Biden yang lebih berhati-hati di jalan.

Sebagai senator selama lebih dari 30 tahun, Biden dikenal menjalin aliansi yang tidak mungkin dan seperti Trump, ia tak begitu mengikuti naskah.

Pada 1987, Biden mengikuti perlombaan pertama kalinya untuk Gedung Putih.

Saat itu, Biden didukung oleh citranya sebagai pria gagah berusia 40-an dan mulai menjadi favorit di antara banyak orang di partainya.

Tapi dia jatuh dengan gaya yang memalukan setelah membuat serangkaian pernyataan yang berlebihan tentang masa lalunya dan skandal tentang bagian-bagian yang dijiplak dalam pidato kampanyenya.

Pada 2008 dia hampir tidak bernasib lebih baik, keluar setelah mengumpulkan kurang dari satu persen suara di kaukus Iowa.

Baca Juga : Mahasiswa Demo di Luar, Ketua PDIP Jambi Ini Malah Rapat di Dalam

Ketika dia mengumumkan pencalonannya pada tahun 2019, Biden mengatakan, kepresidenan Trump telah mempertaruhkan “segala sesuatu yang telah membuat Amerika Great”. (*)

The post Mengenal Joe Biden Kandidat Presiden Amerika Serikat Terpilih appeared first on Jambiseru.com | Update Berita Jambi.



source https://www.jambiseru.com/berita/2020/05/11/mengenal-joe-biden-kandidat-presiden-amerika-serikat-terpilih